Home Politik Viral Video Jokowi Disambut Acungan Dua Jari, Tak Disangka Begini Fakta Sebenarnya

Viral Video Jokowi Disambut Acungan Dua Jari, Tak Disangka Begini Fakta Sebenarnya

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Aria Bima buka suara menanggapi foto dan video yang beredar. Dalam foto dan video tersebut terlihat massa mengacungkan dua jari ketika menyambut kedatangan calon presiden nomor urut 01.

Aria, seperti yang dilansir dari laman CNNIndonesia.com pada Minggu (6/1/2019), menduga massa sebelumnya telah diatur dan dengan sengaja mengacungkan dua jari begitu rombongan Jokowi melintas jalan di Ponorogo, Jawa Timur, pada Jumat (4/1) lalu.

Baru belakangan, sejumlah kalangan mengungkapkan foto dan video tersebut adalah rekayasa. Pasalnya, peristiwa tersebut berlangsung di waktu dan tempat yang berbeda. “Walah, model beberapa kali itu,” tutur Aria melalui pesan singkat ketika dimintai konfirmasi pada Minggu (6/1).

Acungan dua jari saat ini, seperti yang diketahui, identik dengan bentuk dukungan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca Juga: Acungkan Satu Jari Saat Hadiri Acara Ma’ruf Amin, Tak Disangka Begini Pengakuan Bima Arya

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut mengaku maklum atas aksu massa yang beramai-ramai mengacungkan dua jari dalam kesempatan tersebut. Ia menegaskan pihaknya tak akan mempersoalkan aksi tersebut. “Namanya juga kampanye,” ujarnya santai.

Sementara itu, anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade buka suara. Dengan tegas ia membantah tudingan acungan dua jari itu sengaja dirancang tim Prabowo. Ia menyebut aksi tersebut adalah bentuk spontan masyarakat yang memang menginginkan pergantian presiden pada 2019.

“Tidak mungkin itu setting-an, Itu gerakan rakyat, sekarang di mana pun kalau Pak Jokowi datang ada saja yang acungkan dua jari,” ujar Andre Rosiade.

Ia menilai, aksi massa yang mengacungkan dua jari itu tak hanya terjadi di Ponorogo. Dalam kunjungan Jokowi ke sejumlah wilayah, calon presiden nomor urut 01 itu kerap mendapatkan sambutan dua jari dari warga setempat.

“Di mana saja sekarang kalau Pak Jokowi datang sudah (acungkan) nomor 02. Di Medan juga begitu. Itu menunjukkan dukungan pada paslon 02 sudah seperti tsunami. Bergelombang di mana-mana,” ungkapnya.

Sebelumnya, foto dan video sejumlah massa mengacungkan dua jari ketika menyambut Jokowi di Ponorogo beredar luas di media sosial. Namun belakangan sejumlah kalangan menyebut insiden tersebut bukan terjadi di Ponorogo, melainkan sudah direkayasa seolah terjadi ketika Jokowi mengunjungi Ponorogo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memang diketahui tengah melakukan kunjungan kerja di Ponorogo. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga membagikan sebanyak 2.500 sertifikat tanah kepada warga.

Terlihat dalam foto dan video, sejumlah anak sekolah yang mengenakan seragam Pramuka berdiri berbaris di pinggir jalan ikut mengacungkan simbol dua jari.

Jokowi diberitakan berkunjung ke Ponorogo pada Jumat (4/1) untuk melakukan sejumlah kegiatan. Selain melakukan pengecekan sejumlah proyek, saat itu Jokowi juga menyerahkan sertifikat ha katas tanah kepada masyarakat. Pembagian sertifikat tanah dipusatkan di Alun-Alun Kabupaten Ponorogo.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.idJika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?

Klik ‘Vote!’ untuk melihat hasil polling sementara.


suratkabar.id

Loading...
Loading...