Home Politik Ulama NU Dinilai Akan Dukung Jokowi Meski Tak Gandeng Cak Imin

Ulama NU Dinilai Akan Dukung Jokowi Meski Tak Gandeng Cak Imin

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan tetap mendapatkan dukungan dari ulama Nahdlatul Ulama meskipun tidak menggandeng Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres di Pilpres 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr Ahmad Atang.

“Dalam pengamatan saya, tanpa didampingi Muhaimin Iskandar pun, ulama NU tetap berada di belakang Jokowi pada pilpres 2019,” kata Ahmad Atang kepada Antara di Kupang, Sabtu, (12/5/2018), dikutip dari tempo.co.

Seperti diketahui sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) getol untuk mendorong Cak Imin sebagai pendamping Jokowi. Bahkan PKB berwacana bakal membentuk poros baru jika Ketua Umumnya itu tidak dijadikan cawapres.

Baca Juga: Cak Imin: Prabowo Menang Kalau Hanya Sama Saya, Tapi…

Ahmad Atang berpendapat jika Cak Imin merupakan salah satu tokoh muda yang sangat produktif, akan tetapi dukungan politik untuknya tidak cukup signifikan.

“Dan PKB bukan partai yang jumlah kursinya besar di parlemen saat ini. Jadi, tanpa Muhaimin, ulama NU tetap berada di belakang Jokowi,” kata Ahmad Atang.

Sebelumnya, Cak Imin masih mempercayai jika Jokowi bakal memilih dirinya sebagai cawapres di Pilpres 2019 mendatang. Bahkan dirinya mengaku khawatir Jokowi bakal kalah jika tidak berpasangan dengannya.

“Saya ini cinta Pak Jokowi. Pak Jokowi harus terpilih lagi. Kalau Pak Jokowi tidak dengan saya, saya sangat khawatir Pak Jokowi tidak terpilih lagi,” kata Muhaimin seusai pertemuan dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/5/2018), dikutip dari tempo.co.

Bahkan Cak Imin mengaku jika dirinya bergabung dengan kubu Prabowo Subianto, maka bisa jadi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut yang menang. “Prabowo menang kalau hanya sama saya, tapi saya sudah putuskan Join (dengan Jokowi),” katanya.
suratkabar.id

Loading...
Loading...