Home Politik Terbongkar! Pakar Bahasa Tubuh Ungkap Rahasia Mencengangkan Pertemuan Donald Trump dan Kim...

Terbongkar! Pakar Bahasa Tubuh Ungkap Rahasia Mencengangkan Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-Un

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA –Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un bertemu untuk pertama kalinya sepanjang sejarah di Singapura pada Selasa (12/6) hari ini. Dari peristiwa bersejarah ini, terkuak rahasia penting antara kedua pemimpin negara tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Karen Leong, seorang pakar bahasa tubuh, seperti dilansir dari laman Detik.com. Menurutnya, dalam 60 detik pertama pertemuan diplomatik tersebut, baik Donald Trump maupun Kim Jong-Un, sama-sama berupaya memperlihatkan kendali masing-masing.

Terlihat dengan jelas dari cara berjabatan tangan, awalnya Trump dan Kim sama-sama terlihat seperti rekan. Namun Trump yang menyadari hal tersebut kemudian memutuskan menunjukkan bahwa dirinya adalah pemimpin.

“Jabatan tangan mereka tampak seperti antara sesama teman. Trump tampaknya menyadari hal ini, bahwa dia harus menaikkan pertaruhan dan agar dilihat bahwa dia adalah pemimpin,” tutur Managing Director dari Influence Solutions tersebut, dikutip Detik.com dari Reuters, Selasa (12/6/2018).

Baca Juga: Sebelum Bertemu Donald Trump, Kim Jong Un Sempatkan Jalan-Jalan dan Mampir ke Bar Mewah Ini

Lebih lanjut Leong mengungkapkan bahwa Trump lebih banyak buka suara dibandingkan Kim. Sementara itu, Kim terlihat jelas mendengarkan dengan perhatian penuh apa yang dibicarakan presiden negara adidaya Amerika Serikat tersebut.

Kim, disampaikan Leong, kedapatan menoleh ke arah Trump sebanyak tiga kali ketika keduanya berjalan menuju ke ruang pertemuan. Kim juga terlihat menepuk lengan Trump. Bahasa tubuh tersebut merupakan upaya Kim untuk memberitahu bahwa dirinya memegang kendali atas pertemuan itu.

Selanjutnya, Trump yang memang usianya jauh di atas Kim, terlihat meletakkan tangannya di punggung Kim sembari memimpin jalan menuju ke ruangan tempat berlangsungnya pertemuan mereka. Namun ada rahasia besar yang disembunyikan kedua kepala negara ini.

Menurut Leong, keduanya sama-sama tidak ahli untuk menutupi kegugupan mereka ketika duduk berdampingan di dalam ruangan pertemuan. Meski Trump tersenyum, namun sangat jelas terbaca bahwa senyuman tersebut kaku. Trump juga terlihat sedikit gelisah, tampak dari gerakan tangannya.

Dan rupanya kegelisahan yang menyeruak dalam ruangan pertemuan dua pemimpin negara ini tak hanya ditunjukkan Trump. Pasalnya Leong mengungkapkan Kim sama gelisahnya. Hal itu ditunjukkan dengan bahasa tubuh Kim yang menyandarkan punggungnya dengan pandangan diarahkan ke bawah.

Seperti yang diketahui, pertemuan diplomatik antara Donald Trump dengan Kim Jong-Un merupakan pertemuan pertama antara kepala negara Amerika Serikat dan Korea Utara sepanjang sejarah. Hubungan kedua negara selama ini digambarkan sangat panas, karena perang kata-kata dan cacian terkait program senjata nuklir milik Korea Utara.
suratkabar.id

Loading...
Loading...