Home Politik Tegas! KPK Bakal Beberkan Bukti Aliran Dana ke Menag

Tegas! KPK Bakal Beberkan Bukti Aliran Dana ke Menag

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penegasan bahwa pihaknya memiliki bukti yang kuat terkait adanya aliran dana  Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemag).

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan jika pihaknya bakal membeberkan bukti tersebut di persidangan.

“Di dakwaan kami sudah susun sedemikian rupa dan sebut siapa saja pihak-pihak yang terkait di sana, nanti satu per satu akan dibuktikan dalam proses persidangan,” kata Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (11/8/2019), dikutip dari beritasatu.com.

Lukman pernah memberikan bantahan mengenai adanya aliran dana yang masuk kepadanya. Ia hanya menyebut Haris memberikan uang Rp 10 juta kepada ajudannya dengan alasan tambahan honorarium. Namun, uang tersebut baru diketahui Lukman setelah tiba di Jakarta. Pemberian uang tersebut pun telah dilaporkan dan dikembalikan Lukman kepada KPK.

Sementara terkait Rp 70 juta yang diberikan secara bertahap masing-masing Rp 50 juta dan Rp 20 juta, Lukman menampiknya. Ia mengklaim dirinya maupun ajudan dan petugas protokol yang mendampingi tidak pernah menerima Rp 50 juta yang disebut diberikan Haris di Hotel Mercure Surabaya pada 1 Maret 2019.

KPK sendiri tidak memperhatikan bantahan tersebut. Febri mengatakan jika KPK sangat yakin dengan bukti yang dimilikinya.

“Kalau bantahan kan sering ya kita dengar. Banyak pihak yang pernah ditangani KPK baik tersangka ataupun saksi itu kadang-kadang membantah keterangan-keterangan, silakan saja. Yang pasti tentu kami sudah punya informasi yang kami pandang cukup sampai kemudian JPU menuangkan itu ke dalam dakwaan,” kata Febri.

Bahkan KPK akan menghadirkan Lukman di persidangan nantinya. Termasuk juga akan menghadirkan saksi serta bukti lainnya yang memperkuat dugaan adanya aliran dana yang masuk ke politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

“Tentu Menag juga akan dihadirkan sebagai saksi atau pihak-pihak lain atau bukti-bukti lain di mana KPK bisa menyimpulkan ada dugaan penerimaan uang itu tentu juga akan dihadirkan di persidangan,” katanya.
suratkabar.id

Loading...
Loading...