Home Politik Tak Sampai 12 Jam, 3 Negara Ini Berdurasi Puasa Terpendek Sedunia

Tak Sampai 12 Jam, 3 Negara Ini Berdurasi Puasa Terpendek Sedunia

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Menilik dari definisinya, puasa merupakan ibadah yang wajib dijalani umat Islam dengan menahan haus dan lapar, serta hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

Karena umat muslim tersebar di seluruh belahan dunia dan berbagai negara memiliki durasi waktu yang berbeda, maka jika dihitung dengan jam pasti terdapat perbedaan waktu dalam berpuasa dan berbuka.

Di Indonesia misalnya, sebagai negara yang terletak tepat di khatulistiwa, umat muslim Indonesia memiliki waktu yang seimbang antara siang dan malam. Praktis, umat muslim Indonesia akan menjalani puasa selama 12 jam setiap harinya.

Berbeda dengan umat muslim yang tinggal di belahan bumi utara atau selatan khatulistiwa. Adakalanya mereka menjalani puasa dengan durasi waktu lebih panjang, namun tak menutup kemungkinan juga mereka akan menjalani ibadah puasa dengan durasi waktu yang lebih pendek.

Seperti yang dilansir dari LineToday.com, Selandia Baru memiliki durasi puasa terpendek di dunia. Studi yang dilakukan Muslimpro menyatakan bahwa pada Ramadhan tahun ini, waktu puasa negara di dunia memiliki durasi mulai dari 11 jam 10 menit hingga 21 jam 42 menit.

Baca juga: Demi Toleransi, 5 Artis Non Muslim Ini Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan

Menurut data yang diterbitkan, durasi puasa setiap negara dihitung berdasarkan waktu Imsak atau 10 menit lebih awal sebelum masuknya waktu Subuh. Total negara yang disurvei dalam studi ini berjumlah 180 negara yang tersebar dari berbagai benua. Pasalnya, ranking negara diurut berdasarkan durasi puasa pada hari terakhir Ramadhan.

Urutan kedua durasi terpendek puasa tahun ini ditempati oleh Argentina dengan durasi di hari pertama 12 jam 11 menit dan hari terakhir 11 jam 37 menit.

Sedangkan, di urutan ketiga ditempati Australia dimana pada hari pertama 12 jam 12 menit dan hari terakhir 11 jam 38 menit.

Durasi puasa di Indonesia tahun ini adalah 13 jam 23 menit di hari pertama dan 13 jam 21 menit di hari terakhir. Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan durasi puasa terpendek se-Asia dan peringkat ke 33 di dunia.

Sementara di Mekah, waktu puasa antara 14 jam 35 menit sampai 15 jam di akhir Ramadhan.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Tak Sampai 12 Jam, Inilah Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Dunia
suratkabar.id

Loading...
Loading...