Home Politik Tak Lolos ke Senayan, PSI Bicara Soal Calon Menteri di Kabinet Jokowi

Tak Lolos ke Senayan, PSI Bicara Soal Calon Menteri di Kabinet Jokowi

0
SHARE

RAKYAT JAKARTAPartai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah salah satu partai pendukung Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma’ruf Amin yang tidak lolos ke Senayan. Perolehan suara mereka tidak memenuhi ambang batas untuk bisa menempatkan wakil mereka di kursi DPR RI.

Hal tersebut membuat PSI sadar diri untuk tidak memaksakan kadernya menjadi Menteri di kabinet Jokowi mendatang.

“PSI tahu ‘ukuran baju.’ Karena kami tidak masuk DPR, maka PSI tidak akan memajukan calon menteri ke Pak Jokowi,” ujar Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Minggu (9/6/2019), dikutip dari tempo.co.

Antoni menegaskan bahwa pembentukan kabinet adalah hak prerogatif presiden. Dia meyakini Jokowi akan memilih orang terbaik di bidangnya masing-masing sebagai menteri. “Saya setuju dengan kabinet profesional atau kabinet kerja yang pernah diusulkan Buya Syafi’i Maarif. Mereka dapat direkrut dari partai atau non-partai,” ujar Antoni.

Jokowi di Pilpres 2019 lalu didukung oleh sembilan partai, selain PSI ada tiga partai lain yang juga tak lolos ke Senayan. Tiga partai tersebut adalah Perindo, PKPI dan Hanura.

Senada dengan PSI, Perindo juga menyatakan jika pihaknya berharap Jokowi membentuk zeken kabinet. “Kandidat menteri harus yang punya kapasitas, dapat diandalkan dan terpenting mau mengabdi untuk rakyat,” ujar Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq.

Berbeda dengan PSI dan Perindo, PKPI menyatakan jika pihaknya menyiapkan sejumlah nama untuk diajukan sebagai calon Menteri kepada Jokowi. “PKPI tentu telah mempersiapkan kader-kader terbaik. Untuk saat ini kami kedepankan ketua umum kami, Diaz Hendropriyono, sebagai kader terbaik PKPI yang bila mana diizinkan dan diperkenankan duduk di pemerintahan,” ujar Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.
suratkabar.id

Loading...
Loading...