Home Politik Tak Jadi Cawapres, Mahfud MD Bakal Dapat Posisi Ini?

Tak Jadi Cawapres, Mahfud MD Bakal Dapat Posisi Ini?

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sempat disebut sebagai bakal cawapres terkuat untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 mendatang.

Namun, Kamis (9/8/2018) malam, Jokowi memutuskan menunjuk Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya.

Meski batal ditunjuk sebagai cawapres, sejumlah partai pendukung Jokowi memiliki rencana untuk Mahfud MD. Salah satunya adalah menjadikannya sebagai tim pemenangan Jokowi.

Sekjen PPP, Arsul Sani, mengaku bahwa partainya mengusulkan agar Mahfud masuk ke tim pemenangan Jokowi. Namun, untuk kepastiannya akan terlebih dulu dimusyawarahkan.

“PPP mengusulkan itu memang. Tempatnya di mana ya nanti dimusyawarahkan,” tutur Arsul, Kamis (9/8/2018) malam, dikutip dari detik.com.

Arsul juga belum memastikan jabatan yang akan diberikan pada Mahfud jika bergabung dengan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf. Namun, ada sejumlah posisi yang dianggap pas diisi Mahfud.

“Posisinya apa, ya nanti dirembuk. Karena kan di tim kampanye nasional itu ada posisi pengarah, penasihat dan segala macam lah,” lanjutnya.

Sekjen PKB Abdul Kadir Karding juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, PKB berharap Mahfud bisa menjadi bagian dari tim kampanye Jokowi-Ma’ruf. Namun, keputusannya tentu ada di tangan Mahfud.

“Saya kira kalau beliau berkenan, bagus itu. Nanti PKB akan mengusulkan agar beliau masuk di tim pemenangan kalau beliau berkenan,” tutur Karding.

Diketahui, saat ini Jokowi dan Ma’ruf telah resmi terdaftar sebagai capres dan cawapres di KPU. Saat keduanya mendaftarkan diri, sejumlah massa pendukung memadati sekitaran Gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018), sejak pukul 08.30 WIB.

Saat Jokowi keluar dari gedung KPU sekitar pukul 10.29 WIB, relawan menyambutnya dengan teriakan membahana. “Hidup Pak Jokowi,” teriak para relawan kompak.

Jokowi juga sempat menyapa, melambaikan tangan, dan tersenyum kepada relawan sebelum kembali ke Istana Kepresidenan. Namun, Jokowi tak bisa bersalaman dengan para relawan karena terhalang kawat berduri.

Sementara itu, Ma’ruf Amin dijadwalkan menjadi khatib salat jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018) siang ini.
suratkabar.id

Loading...
Loading...