Home Politik Tak Acuhkan Sanksi Amerika, India Tetap Beli Sistem Rudal S-400 dari Rusia

Tak Acuhkan Sanksi Amerika, India Tetap Beli Sistem Rudal S-400 dari Rusia

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Melalui Menteri Pertahanan Nirmala Sittharaman, Pemerintah India memutuskan untuk tetap meneruskan pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia. Rupanya, India tak menghiraukan sanksi yang dibuat Amerika Serikat ( AS) terhadap Rusia. Menurut laporan dalam laman Gulf Today, Sabtu (14/07/2018), Nirmala tak memberikan detil kapan pembelian itu bakal rampung.

India membeli lima S-400 dengan nilai transaksi mencapai 5,5 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 79 triliun.

“Saat ini negosiasi sudah mencapai tahap akhir. (Pembelian) bakal segera terjadi. Saya tidak bisa memastikan kapan,” ungkap Nirmala.

Menyoal Undang-undang Menangkal Musuh AS Melalui Sanksi (CAATSA), Nirmala menegaskan itu bukan hukum PBB. Menurutnya, hukum yang dibuat untuk memberi sanksi kepada Rusia, Iran dan Korea Utara (Korut) tak bisa diterapkan di India.

“Ini bukan tentang India harus memilih di antara AS ataukah Rusia,” tandas menteri dari Bharatiya Janata Party tersebut, demikian sebagaimana dikutip dari reportase Kompas.com.

Baca juga: 8 Senjata Paling Mematikan yang Pernah Diciptakan Manusia, Nomor 5 Pernah Memicu ‘Kiamat’

Nirmala melanjutkan, India dan Rusia sudah mempunyai hubungan kerja sama di bidang pertahanan yang terjadi selama puluhan tahun.

“Saya sudah menyampaikan kepada pejabat AS yang berkunjung ke India bahwa posisi kami tegas. Hubungan kami dengan Rusia tak lekang oleh waktu,” tukasnya.

Sebelumnya, Mac Thornberry selaku Ketua Komite Layanan Senjata AS menyuarakan kekhawatirannya dengan langkah India.

“Kami memperhatikan dengan serius bahwa negara manapun yang membeli sistem persenjataan lain bakal dibatas kerjasamanya oleh militer AS,” tegas Thornberry.

Dia lantas meminta agar India mempertimbangkan ulang. Sebab, di saat bersamaan, AS juga bersiap menjual drone militer Predator ke India.

Melansir laman Intisari.Grid.id, India membeli lima S-400 tersebut dengan nilai transaksi mencapai 5,5 miliar dolar AS, atau sekitar Rp79 triliun.

Sementara itu, laporan SindoNews.com menyebutkan bahwa Rusia merupakan pemasok senjata terbesar India. Menurut Institut Perdamaian Internasional Stockholm, Rusia menyumbang 62 persen dari penjualan senjata ke New Delhi selama lima tahun terakhir.

Melkulangara Bhadrakumar selaku Mantan duta besar India untuk Turki dan Uzbekistan menuturkan, keputusan India untuk membeli sistem anti-pesawat S-400 mungkin merupakan perubahan dalam kebijakan luar negeri, yang tampaknya pembaruan penekanan pada otonomi strategisnya.

“Harus dicatat bahwa S-400 adalah sistem senjata canggih dan hampir tidak mungkin bagi India untuk mendapatkan sistem yang sebanding dari negara lain,” sebutnya.

“Namun, intinya adalah bahwa beberapa pergeseran yang dapat dilihat ada di dalam kebijakan luar negeri India akhir-akhir ini—orang mungkin mengatakan, memikirkan kembali atau koreksi saja,” imbuh Bhadrakumar.

Loading…
suratkabar.id

Loading...
Loading...