Home Politik Saat Jokowi Lempar Kode ke Rommy Soal Cawapres

Saat Jokowi Lempar Kode ke Rommy Soal Cawapres

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi), menyinggung interview dengan Najwa Shihab mengenai nama cawapres. Jokowi mengisahkan bagaimana responnya sewaktu ditanya soal kapasitas Ketum PPP Rohahurmuziy sebagai calon wakil presidennya.

“Saat ditanya di Mata Najwa, saya ditunjukkan mengenai, ‘Pak gimana urusan wapres?’. Kemudian ditunjuk gambar Pak Rommy,” kata Jokowi bercerita dalam acara workshop nasional anggota DPRD dari Fraksi PPP di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/05/2018), seperti dikutip dari laporan Detik.com.

Lantas, Jokowi mengaku menjawab spontan pertanyaan Najwa. Ia memuji Rommy sebagai santri intelek.

“Saya jawab spontan, saya jawab artinya keluar dari hati saat itu, ya muda, santri, intelektual, terus gimana? Ya cocok jadi cawapres. Kan, bener, kan? Bener,” kata Jokowi.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sendiri merupakan partai politik pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Jokowi pun kembali memuji pidato Rommy pada hari ini, Selasa (15/05/2018).

Baca juga: 5 Bom dalam 25 Jam, Jokowi Baru Akan Terbitkan Perppu Terorisme Bulan Depan

“Tapi saya tambahin, setelah mendengar apa yang disampaikan Pak Ketum PPP lebih dari 1 jam, betul-betul sebuah menunjukkan intelektual yang sangat prima,” jelas Presiden Jokowi.

Pantun Politik yang Tersemat

Dalam acara tersebut, tersemat pantun politik yang memuat kode tersendiri. Dibacakan oleh Ketua Panitia Achmad Baidowi di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (15/05/2018), berikut dua pantun yang disinyalir menyinggung soal cawapres 2019.

Dari Sabang sampai Merauke. Gemah ripah loh jinawi. Pak Jokowi sering hadir di acara PPP. Itu memiliki makna tersendiri,” tutur Baidowi membacakan pantun pertama.

Di pantun kedua, Baidowi menyinggung soal Hamzah Haz, yang pernah menjabat Wapres di era Megawati Soekarnoputri. PPP melempar kode agar 2019 muncul sesosok baru yang menjadi penerus Hamzah Haz.

Buah cempedak juwana. Dimakan bersama nikmat rasanya. Pak Hamzah Haz Wapres dari PPP. Insyaallah 2019 ada penerusnya,” tukasnya.

Gus Rommy, Ulama Zaman Now

Sementara itu, saat Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Rommy) menghadiri Haul syekh Thoifur dan Asyekh Abdurrahman di Pondok Pesantren Al-Falah Somolangu Wetan, Sumberadi, Kebumen, pada acara itu Rommy dikenalkan sebagai ulama zaman now.

Haul ini dibanjiri para ribuan jemaah Tariqot Syadziliyah dan dipimpin langsung oleh mursyid thoriqot, KH Musyaffa Ali.

Ketika memberikan sambutan, Pengasuh Pondok Pesantren Al- Falah, Zulfian Ikfina mengungkapkan saat ini perhatian pemerintah kepada dunia pesantren sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah bantuan yang diberikan pemerintah kepada pesantren. Dalam acara haul itu, Pondok Al-Falah mendapatkan bantuan Rp 440 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Rp 85 juta dari Kementerian Agama. Demikian dilansir dari Detik.com.

Zulfian juga menyebutkan saat ini sudah seharusnya umat Islam tak takut untuk berkecimpung di dunia politik. Kehadiran politisi muslim di kancah politik nasional akan membuat keberpihakan pada umat dan Lembaga Pendidikan Islam akan semakin terlihat. Ia mencontohkan Rommy yang memperlihatkan keberpihakannya kepada umat.

Ia menyebut, Rommy bukan hanya piawai berpolitik, namun sebenarnya juga seorang kiai yang mempunyai keluasan ilmu.

“Gus Rommy ini adalah kiai zaman now. Ia cicit KH Abdul Wahab Hasbullah dan mempunyai keilmuan yang luas. Rommy saat ini menjadi salah satu kandidat cawapres untuk Presiden Joko Widodo,” tandas Zulfian.


suratkabar.id

Loading...
Loading...