Home Politik Rocky Gerung: Kita Bertanding dengan Argumen dan Bukan dengan Sentimen

Rocky Gerung: Kita Bertanding dengan Argumen dan Bukan dengan Sentimen

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA Pengamat politik Rocky Gerung mengungkapkan kegembiraanya karena diundang untuk memberikan kuliah umum di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Rabu (13/3/2019).

“Saya senang diterima di sini dan setiap diterima oleh kampus, selalu ada harapan tentang masa depan. Ada suasana gembira dan ini berbeda dengan di luar sana yang penuh dengan amarah,” ungkapnya, dikutip dari republika.co.id.

Ia lantas mengatakan jika ada kemarahan karena tidak ada lagi akal sehat yang dialirkan. Rocky menuturkan jika hal itu berbeda dengan dunia kampus, dalam hal ini Unissula, yang memiliki fungsi menggembirakan masyarakat melalui akal sehat.

“Kami dari kalangan kampus –saat itu—bersama dengan Civil Society—berupaya keras untuk menghasilkan Pemilu yang argumentatif di negeri ini atau berupaya menghasilkan sistem Pemilihan Presiden yang fungsi etisnya melampaui fungsi teknisnya,” kata dia.

Karena itu, Rocky berpendapat jika membaca perdebatan di awal reformasi, tentang lembaga- lembaga penyelenggara Pemilu, yang paling menonjol di sana adalah keinginan untuk menjadikan KPU dan Bawaslu sebagai tempat pendidikan politik.

Baca Juga: Ma’ruf Klaim Kebebasan Siti Aisyah Karena Lobi Pemerintah, Mahathir Menepis Kabar Itu

Jadi sifat etika politik mendahului sifat teknikal politik. Artinya kesibukan KPU sebetulnya ada pada dimensi etis yang mendahului dimensi teknis dan ini benar- benar mengajarkan pendidikan politik.

“Di mana kita bertanding dengan argumen-argumen dan bukan dengan sentimen. Sebenarnya itu awal untuk mereformasi sistem Pemilu di negeri ini,” tandasnya.
suratkabar.id

Loading...
Loading...