Home Politik Respons Polri Soal Mantan Jagoan IT ISIS yang Tobat dan Ingin Pulang...

Respons Polri Soal Mantan Jagoan IT ISIS yang Tobat dan Ingin Pulang ke Indonesia

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Utsman Mahdamy, salah satu mantan anggota Islamic State in Iraq and Syiria atau Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengaku sudah sadar dan sangat berharap dapat kembali menjadi masyarakat biasa seperti sebelumnya.

Hal tersebut, seperti dilansir dari laman JPNN.com pada Jumat (17/5/2019), disampaikan pakar IT asal Solo ini melalui surat yang ditulisnya sendiri dan dikirimkan ke Tanah Air. Ia bahkan mengaku sangat siap jika harus menjalani proses hukum atas dosanya terlebih dahulu.

Utsman juga mengaku sangat siap untuk membantu Polri untuk membongkar jaringan teror Indonesia yang terafiliasi dengan ISIS. Menanggapi permohonan tersebut, Polri pun buka suara. Polri menyambut tobat dan keinginan Utsman untuk pulang kembali ke Indonesia.

“Kami sambut baik. Tetapi kami juga harus cerdas dan ada standard operasional prosedur (SOP) untuk kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal ketika dikonfirmasi pada Kamis (16/5) kemarin.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Budak Pemuas Nafsu Selama Gabung dengan ISIS, Seorang Pria Bongkar Fakta Mencengangkan

Lebih lanjut Iqbal dengan tegas mengungkapkan bahwa pada prinsipnya, Polri menyambut baik niatan yang datang dari siapa saja, entah itu mantan penjahat atau bahkan teroris yang ingin bertobat dan kembali ke jalan lurus.

 “Namun saya tegaskan, kami harus cerdas dalam menanggapi itu,” imbuh Iqbal kemudian.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa Utsman Mahdamy bukan satu-satunya mantan anggota ISIS yang ingin kembali ke Indonesia. Sebelumnya banyak mantan anggota kelompok teroris paling ditakuti di dunia itu yang telah pulang. Bahkan jumlahnya menyentuh puluhan orang.

“Saya belum bisa sebutkan sekarang. Ada banyak itu, lebih dari puluhan. Kami juga sudah banyak melakukan upaya deradikalisasi,” pungkas Iqbal dengan tegas.
suratkabar.id

Loading...
Loading...