Home Politik PA 212 Kawal Pemeriksaan Amien Rais, PDIP: Bentuk Intimidasi dan Kemunduran Demokrasi

PA 212 Kawal Pemeriksaan Amien Rais, PDIP: Bentuk Intimidasi dan Kemunduran Demokrasi

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA –¬†Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan mengawal pemanggilan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, hari ini, Rabu (10/10/2018). Amien dipanggil untuk menjadi saksi terkait kasus dugaan penyebaran kebohongan penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari menilai, seharusnya pemanggilan Amien Rais ini tidak dipolitisasi. Menurut dia, penanganan kasus itu ditangani tanpa adanya tekanan dari siapa pun.

“Seharusnya gakkum (penegakan hukum) tidak dipolitisasi, biar berjalan tanpa tekanan (massa atau yang lainnya). Tindakan pribadi, mempertanggungjawabkannya pribadilah,” kata dia saat dihubungi Merdeka, Selasa 9 Oktober 2018.

Eva menilai kasus ini dapat ditangani secara lebih tenang. Pengerahan massa seperti ini bisa dianggap sebagai salah satu kegiatan intervensi hukum.

Baca Juga: Amien Rais Singgung Kasus di KPK, Febri Diansyah: Fokus Saja Pada Kasus Ratna Sarumpaet

“Ini berdasar logika psychology massa dan preseden sebelum-sebelumnya. Pengerahan massa bisa dipandang sebagai intervensi hukum, intimidasi. Walau saya percaya polisi tidak akan takut tapi bikin repot pengamanan, ongkos extra jadinya,” ungkapnya.

Tambahnya, aneh jika ada orang yang sengaja ingin mengulang kejadian di Pilkada DKI melalui pemanggilan Amien Rais ini. Eva pun menilai itu sebagai kemunduran demokrasi.

“Mereka memang buntu hingga akan mengulang event (pilkada dki) yang bikin indeks demokrasi RI melorot 20 tingkat. Jadi konyolnya kalau itu mau diulang hanya demi kemenangan keluarga yang daya rusaknya tinggi bagi demokrasi,” ucap dia.

Polisi menurunkan sekitar 3.284 personel gabungan untuk mengamankan massa aksi yang bermaksud mengawal pemeriksaan pemeriksaan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, terkait kasus hoaks Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya.

Dilansir dari liputan6.com, personel TNI- Polri mengawali pengamanan dengan apel gabungan sekitar pukul 08.30 WIB. Setelahnya, mereka kemudian disebar ke sejumlah titik di kawasan gedung Polda Metro Jaya.

 
suratkabar.id

Loading...
Loading...