Home Politik Menkominfo Ancam Akan Tutup Instagram Akun Komik Muslim Gay

Menkominfo Ancam Akan Tutup Instagram Akun Komik Muslim Gay

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) menyatakan telah memberikan surat peringatan kepada Instagram berkenaan konten komik muslim gay yang dibagikan oleh akun @alpantuni beberapa hari lalu. Kominfo pun meminta agar pihak Instagram menutup akun yang bersangkutan.

Menukil CNNIndonesia.com, Selasa (12/02/2019), akun @alpantuni diketahui memuat konten yang menuai perdebatan dan pro kontra. Deskripsi akun itu tertulis ‘Gay Muslim Comics’ dan memuat konten cerita komik tentang seorang muslim dengan orientasi seksual gay.

“Sudah beberapa hari yang lalu surat dilayangkan,” tegas Rudiantara di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/02/2019).

Disebutkan Rudiantara, pihaknya juga sudah meminta Instagram menutup akun tersebut. Namun hingga saat ini belum ada respons dari aplikasi untuk netizen berbagi foto dan video itu.

Menkominfo Rudiantara lantas menambahka, jika tanggapan dari Instagram tidak kunjung datang, maka tindakan tegas pun akan ia lakukan. Bahkan, imbuhnya, penutupan media sosial tersebut bisa saja dilakukan.

Baca juga: Fenomena Gay Teriak Gay: Deretan Politisi Anti-LGBT yang Ternyata Homoseksual

“Kami sedang berproses terus dengan Instagram,” tambahnya kemudian.

“Sekarang mau ngapain kalau IG-nya bandel? Kita sudah transparan, mau ditutup?” tukasnya.

Menkominfo juga turut menyampaikan kepada Instagram untuk tidak mengacuhkan peringatan dari pemerintah. Kata Rudiantara, pemerintah menyatakan apa yang dipikirkan rakyat. Itulah sebabnya, alih-alih abai, ia meminta Instagram untuk mengikuti imbauan tersebut.

“Kalau boleh saya minta tolong, Instagram ikuti permintaan Kominfo, karena ini permintaan rakyat,” sebutnya lagi.

Hingga saat ini, pemilik akun @alpantuni belum diketahui. Namun, di dalam postingan komik tersebut, diceritakan ada seorang pria bernama Alpantuni. Ia merupakan sosok beragama Islam yang taat ibadah. Namun meski begitu, menurut cerita tersebut, pria ini juga seorang gay.

Dari pantauan tim redaksi, akun tersebut sampai saat ini sudah mengunggah 8 postingan, dengan 5.757 followers. Pada profilenya, tercantum keterangan “Komik Muslim Gay untuk orang yang bisa berfikir”.

Partai Amanat Nasional (PAN)  Desak Segera Blokir

Melansir Detik.com, PAN juga mendesak akun @alpantuni untuk segera diblokir. PAN megungkapkan bahwa kampanye mengenai pernikahan sejenis jelas dilarang dan bertentangan dengan hukum.

“PAN mendesak Kementrian Kominfo untuk memblokir akun IG itu masuk Indonesia. Upaya untuk pernikahan sejenis, di samping melanggar ajaran agama, apapun, juga bertentangan dengan UU Perkawinan di Indonesia,” tukas Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi kepada awak media, Minggu (10/02/2019) malam.

Viva menyampaikan pemblokiran akun merupakan upaya untuk mencegah penyebaran kasus ini ke masyarakat. Dia menilai Indonesia sebagai negara religius menolak praktek LGBT.

“Kita memiliki Pancasila dan ciri masyarakat Indonesia adalah masyarakat religius. Maka propaganda LGBT masuk ke kehidupan sosial, budaya, dan pendidikan harus dicegah oleh seluruh komponen bangsa,” tegasnya.

Akun tersebut diketahui bergambar profile seorang pria muda berkulit cokelat yang memakai kopiah. Deskripsi akun itu adalah ‘Gay Muslim Comics’.

Deskripsi akun itu tertuah dalam isi posting-nya. Ya, akun itu mengunggah komik yang materinya adalah kehidupan seorang pria muslim dengan orientasi seksual sejenis.

Dalam tiap unggahannya, pemilik akun melampirkan hashtag #gaymalaysia #gayindonesia #gaymuslim #gaycomics #komikmalaysia. Sehingga patut diduga bahwa akun ini dikelola oleh warga negara tetangga.

Namun komentar-komentar di akun tersebut didominasi oleh akun WNI. Banyak warganet yang mengutuk postingan akun itu. Sementara itu, sebagian netizen pengunjung akun itu me-mention akun Kementerian Kominfo, Humas Polri, serta Kementerian Agama.
suratkabar.id

Loading...
Loading...