Home Politik Mengenal Sosok Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia Pilihan Mahathir Mohamad

Mengenal Sosok Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia Pilihan Mahathir Mohamad

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Selaku Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad baru saja melantik jajaran kabinetnya yang baru. Di antara 28 menteri terpilih, ada Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang dilantiknya menduduki jabatan Menteri Pemuda dan Olah Raga. Hal ini sekaligus membuat sosoknya menjadi menteri termuda dalam sejarah pemerintahan Negeri Jiran.

Syed, demikian panggilan akrabnya, baru berusia 25 tahun sewaktu disumpah menjadi Menpora ke-18 Malaysia pada Senin (02/07/2018) di hadapan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, demikian sebagaimana dikutip dari reportase Kumparan.com, Selasa (03/07/2018).

Dalam pidato pertamanya sebagai Menpora, Syed menyebutkan anak muda Malaysia akan menjadi fokus dalam pengembangan negara. Pria kelahiran 6 desember 1992 ini hendak menjadikan anak muda sebagai penggerak utama untuk memajukan negaranya.

“Pemerintahan ini meyakini bahwa anak muda harus menentukan masa depannya sendiri,” ungkap Syed, mengutip reportase Malay Mail.

Kebijakan Inklusif dan Meritokrasi

Ditambahkan Syed, dirinya akan mengutamakan kebijakan yang inklusif dan bersifat meritokrasi. Meritokrasi sendiri merupakan sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan atau senioritas.

Baca juga: TvOne Laporkan Akun yang Sebarkan Hoax Argentina Menang Lawan Perancis

Pemuda kelahiran Johor ini dikenal cekatan dan memiliki banyak prestasi baik nasional maupun internasional. Di antaranya yaitu tiga kali mendapat penghargaan Asia’s Best Speaker di kejuaraan debat Asian British Parliamentary (ABP).

Mantan ahli riset untuk Mahathir ini merupakan lulusan hukum di Universitas Islam Internasional Malaysia (UIAM) pada 2016. Syed lantas bekerja sebagai dosen paruh waktu untuk kelas public speaking, peneliti di Pemda Johor pada 2016, serta pelatih debat di UIAM.

Kemunculan Syed di ranah politik Malaysia dimulai sejak ia bergabung di Partai Pribumi Bersatu Malaysia pada 2016 dan menjadi calon legislatif untuk Kota Muar, Johor. Dalam pemilu ke-14 itu, anak terakhir dari empat bersaudara ini berhasil mengalahkan petahana dari Partai Barisan Nasional, Razali Ibrahim.

Terpilihnya Syed sebagai Menpora membawa optimisme baru untuk masa depan olah raga Malaysia. Hal ini disampaikan oleh pemain bulu tangkis ternama, Lee Chong Wei, yang menantikan pertemuannya dengan Syed.

“Ini sesuatu yang baru. Seperti yang kita tahu, mantan Menteri Khairy Jamaluddin (pendahulu Syed) melakukan pekerjaan yang sangat baik. Di bawah kepemimpinannya, atlet yang berprestasi di Olimpiade Rio 2016 mendapat insentif besar. Malaysia juga menang di Kuala Lumpur Sea Games 2017. Saya yakin menteri yang baru juga akan bekerja dengan baik,” ungkap Lee, dilansir dari laman The Star, Senin (01/07/2018).

Selain Lee, mantan Menpora Khairy juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Syed lewat Twitter.

“Selamat kepada Syed Saddiq sebagai Menpora yang baru. Saya doakan semoga memberikan kesuksesan untuk negara,” demikian dicuitkannya.

Pada 2013, Khairy juga dinobatkan sebagai menteri termuda di Malaysia dengan usia 37 tahun.

Abdul Azim Mohd Zabidi selaku Kepala Kontingen Malaysia untuk Asian Games mengatakan Syed akan berguna bagi masa depan Malaysia.

“Menurut saya ini pilihan yang paling tepat mengingat usianya. Kami sangat menantikan bekerja dengan Syed Saddiq dan berharap dukungan penuhnya untuk Asian Games di Indonesia sebulan lagi,” tukas Abdul.

Syed akan bertugas memimpin Kementerian Pemuda dan Olah Raga Malaysia bersama wakilnya, Steven Sim Chee Keong.

Strategi Relevansi Mahathir untuk Kaum Muda

 

With my beloved mentor ❤️ Selamat Hari Raya everyone.

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

Sementara itu, melansir laporan TribunNews.com, kini nama Syed Saddiq menjadi viral dan mencuri perhatian lantaran latar belakang prestasi yang diraihnya dalam usia yang notabene masih terbilang muda.

Sebagai informasi, Malaysia dikenal sebagai sebuah negara muda dengan rata-rata usia penduduk 28 tahun. Ini berarti banyak sosok muda berpotensi di Malaysia.

Data ini jelas tak relevan saat Mahathir Mohamad yang pada 10 Juli nanti berusia 93 tahun untuk kali kedua menjadi perdana menteri Malaysia.

My volunteers decorated a pokok HARAPAN for me. . Without them, i wouldn’t be here. . Also, ketiga tiga gambar mata steam. I need sleep 😴😴😴

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

Ini artinya usia Mahathir lebih tua tiga kali lipat dibanding rata-rata usia rakyatnya. Lalu bagaimana sosok senior seperti Mahathir Mohamad membuat dirinya tetap relevan di mata anak-anak muda negeri itu?

Hubungannya dengan Syed Saddiq Abdul Rahman, seorang pemuda berusia 25 tahun tampak bisa menjadi jawaban yang tepat bagi Mahathir Mohamad.

25.Thank you all for the kind wishes.

Posted by Syed Saddiq Syed Abdul Rahman on Tuesday, December 5, 2017

Dalam laporan Kompas.com, Syed Saddiq selama ini menjadi bagian penting dalam strategi Mahathir Mohamad untuk pembangunan kaum muda.

Guna memaksimalkan potensi Syed Saddiq, Mahathir Mohamad menunjuknya untuk memimpin kementerian pemuda sekaligus menjadikan Saddiq menteri paling muda dalam sejarah Malaysia.

Syed Saddiq sendiri merupakan kelahiran Johor dan berasal dari keluarga kelas menengah. Ia mulai dilihat sebagai pembicara ulung yang menjadi bahan diskusi ketika menolak UMNO dan memilih “pecahannya”, Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang merupakan bagian dari koalisi Pakatan Harapan.

Dalam prosesnya, dia bahkan menolak kesempatan bea siswa S-3 ke Oxford untuk bertarung dalam perebutan kursi parlemen di Muar, negara bagian Johor.

Muar, yang awalnya dianggap sebagai basis kuat UMNO, ternyata bisa ditaklukkan Syed Saddiq yang meraup 6.953 suara.

Seolah itu belum cukup, Syed Saddiq ikut berpartisipasi aktif dan membantu para politisi senior lebih terhubung dan mudah disentuh konstituen mereka.

HARI WANITA ANTARABANGSA 2018.Dunia kanak-kanak saya banyak cabaran dan dugaan.Bukan kepada saya, tapi ibu…

Posted by Syed Saddiq Syed Abdul Rahman on Thursday, March 8, 2018

Loading…
suratkabar.id

Loading...
Loading...