Home Politik Mengejutkan, Inilah Hasil Survei Terbaru SMCR Terhadap Elektabilitas Jokowi dan Prabowo

Mengejutkan, Inilah Hasil Survei Terbaru SMCR Terhadap Elektabilitas Jokowi dan Prabowo

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting, Djayadi Hanan, mengatakan peluang Joko Widodo atau Jokowi untuk memenangi pemilihan presiden 2019 menguat. Menurut Djayadi, hal itu terlihat dari jarak perolehan dukungan antara Jokowi dan pesaingnya, Prabowo Subianto, yang melebar.

“Jika tidak ada peristiwa luar biasa, Jokowi berpeluang sangat besar terpilih sebagai presiden pada 2019,” kata Djayadi di kantor SMRC, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, (7/10/18) dilansir dari tempo.co.

Hasil survei teranyar SMRC mencatat elektabilitas Jokowi mengalami peningkatan dari Mei sampai September 2018. Di sisi lain, elektabilitas Prabowo Subianto justru menurun pada periode yang sama.

Baca Juga: Dianggap Mampu Perjuangkan Pancasila, Survei LSI Denny JA: Jokowi Akan Menang Telak 

Djayadi merinci, dukungan untuk Jokowi meningkat dari 57 persen pada Mei menjadi 60 persen per September 2018. Sedangkan, suara Prabowo menurun dari 32,2 persen menjadi 28,7 persen.

Menurut Djayadi, tren kenaikan ini penting sebagai indikasi hasil akhir pilpres 2019. Merujuk tiga kali pemilihan presiden sejak 2004, 2009, hingga 2014, kata Djayadi, calon yang suaranya cenderung unggul dan terus naik akan sulit dikalahkan.

Kendati dukungan untuk Prabowo menurun, lanjut Djayadi, secara top of mind, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu terus meningkat sejak Mei 2018. Popularitas top of mind Prabowo naik, dari 14,9 persen menjadi 21,8 persen.

Adapun popularitas top of mind Jokowi juga meningkat. Popularitas calon presiden inkumben ini meningkat dari 40,9 persen pada Mei 2018 menjadi 47,4 persen.

“Sama-sama naik tujuh persen, tetapi selisihnya memang masih jauh sekitar 25-26 persen,” kata Djayadi.

Survei ini melibatkan 1.074 dari 1.220 responden dengan metode multistage random sampling. Survei dilakukan pada 7-14 September 2018 dengan margin of error plus minus 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Relawan Tim Kampnye Nasional Jokowi – Maruf Amin, Maman Imanulhaq, menegaskan hasil survei yang mengunggulkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, tak boleh membuat lengah para pendukung Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“Kita harus tetap waspada dan terus membangun sinergitas,” ujar Maman lewat keterangannya pada Ahad, (7/10/18).

Maman meminta, semua pihak tetap fokus dan tak terpengaruh dengan hasil sejumlah survei yang menunjukkan elektabiltas Jokowi-Ma’ruf Amin unggul jauh atas penantang-nya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Lembaga survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) hari ini mengumumkan hasil siginya, yakni tingkat keterpilihan Jokowi–Ma’ruf Amin 60,4 persen dan Prabowo-Sandiaga 29,8 persen.

Berdasarkan data itu, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting Djayadi Hanan mengatakan, peluang Jokowi untuk memenangi pemilihan presiden 2019 semakin menguat. Menurut Djayadi, hal itu terlihat dari jarak perolehan dukungan antara Jokowi dan pesaingnya, Prabowo Subianto, yang melebar.

“Jika tidak ada peristiwa luar biasa, Jokowi berpeluang sangat besar terpilih sebagai presiden pada 2019,” kata Djayadi di kantor SMRC, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 7 Oktober 2018
suratkabar.id

Loading...
Loading...