Home Politik Ma'ruf Amin Akan Mundur dari MUI Jika Sudah Dilantik Jadi Wapres

Ma'ruf Amin Akan Mundur dari MUI Jika Sudah Dilantik Jadi Wapres

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024, KH. Ma’ruf Amin menyatakan jika dirinya baru akan melepas jabatannya di Majlis Ulama Indonesia (MUI) selepas ia dilantik menjadi Wakil Presiden 2019-2024.

Ma’ruf menegaskan, yang tidak diperkenankan sesuai aturan organisasi, ketika pengurus rangkap jabatan. Ia merasa, posisinya sebagai ketua umum saat ini tidak rangkap jabatan. Tidak ada jabatan publik yang diembannya.

“Kalau yang tidak boleh itu kan merangkap jabatan. Jadi kalau saya dilantik kan baru merangkap, kalau sekarang kan belum, Wakil Presidennya masih Pak JK (Jusuf Kalla),” ujar Ma’ruf kepada para wartawan di kantor pusat MUI, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019), dikutip dari cnnindonesia.com.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI, Yunahar Ilyas menyebutkan bahwa pihaknya akan menunggu Ma’ruf mengundurkan diri. Setelah itu baru Wakil Ketua Umum akan menjadi ptl Ketum.

“Kalau Pak Kiai sudah menyatakan mundur, di anggaran dasarnya dinyatakan wakil ketua umum langsung menjabat ketua umum sampai Munas (Musyawarah Nasional). Munas sekitar Agustus 2020. Di munas nanti baru dipilih siapa ketua umum MUI-nya,” kata Yunahar.

Yunahar juga menyatakan MUI sebenarnya sudah menganggap jabatan Maruf sebagai wapres sudah resmi, namun karena belum dilantik maka belum ada aturan yang terlanggar.

“Ini kan sudah resmi tapi belum dilantik. Itu pak Kiai saja yang menafsirkan. Enggak enak kita yang menafsirkan,” tambahnya.
suratkabar.id

Loading...
Loading...