Home Politik Mahfud MD: Menurut Saya Habib Rizieq Boleh Pulang, Tetapi Kalau…

Mahfud MD: Menurut Saya Habib Rizieq Boleh Pulang, Tetapi Kalau…

0
SHARE

RAKYAT JAKARTAKepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia belakangan menjadi perhatian publik. Terlebih kembalinya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) diwacanakan sebagai salah satu syarat rekonsiliasi antara kubu Joko Widodo (Jokowi) dengan pihak Prabowo Subianto.

Bagaimana sikap Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD perihal pulangnya Habib Rizieq dari Arab Saudi?

Mahfud menegaskan jika boleh saja Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia, akan tetapi jika ada masalah hukum harus tetap dipertanggungjawabkan.

“Menurut saya Habib Rizieq boleh pulang, harus dipulangkan, tetapi kalau ada masalah hukum tetap harus dipertanggungjawabkan,” kata Mahfud di Kalibata, Rabu (10/7/2019), dikutip dari tribunnews.com.

Menurut Mahfud, rekonsiliasi antara Jokowi dengan Prabowo tidak bisa dicampuradukan dengan perkara hukum. “Bagi saya hukum harus dipisahkan, jangan dicampur aduk dengan politik. Rekonsiliasi itu konsep politik untuk berbagi tugas secara proporsional. Penegakan hukum adalah penegakan hukum,” kata Mahfud.

Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani merasa heran dengan adanya wacana mengenai salah satu syarat rekonsiliasi adalah kepulangan Habib Rizieq.

“Orang pergi sendiri, terus jadi kita harus yang minta pulang?” ujar Puan saat ditemui di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

Puan menegaskan bahwa proses hukum mestinya tetap berjalan. “Ya proses hukum tetap berjalan, ya sudah dijalanin saja. Sekarang memang tetap berjalan kan proses hukumnya,” katanya.

Lebih lanjut, meski dirinya mengaku tak mengetahui perkembangan terbaru perihal rencana pertemua Jokowi dengan Prabowo. Akan tetapi Puan menilai jika silaturahmi antar dua tokoh tersebut cukup penting.

“Yang pasti saya merasa silaturahmi akan sangat penting sekali, apalah itu hanya silaturahmi persahabatan, kekeluargaan, apa bicara hal politik. Yang pasti pemilu sudah selesai, sudah sebaiknya kita kemudian bisa bersatu untuk menjaga Indonesia ini aman dan tenteram sejahtera,” imbuhnya.
suratkabar.id

Loading...
Loading...