Home Politik Koalisi Prabowo Tawarkan Kursi Menteri, Demokrat Beri Respons Menohok

Koalisi Prabowo Tawarkan Kursi Menteri, Demokrat Beri Respons Menohok

0
SHARE

RAKYAT JAKARTAKetua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, soal tawaran posisi menteri belum menjadi agenda yang ingin dibahas oleh partainya.

Demokrat masih menunggu kelanjutan rencana pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto pada pekan depan.

“Belum-belum kok sudah bicara tawar-menawar posisi menteri. Yang di depan mata, pekan depan pascapendaftaran caleg ke KPU, akan ada pertemuan antara Pak SBY dan Pak Prabowo. Kita tunggu dulu kelanjutkan pertemuan itu. Karena hasil dari pertemuan itu akan dibawa ke Majelis Tinggi Partai,” jelas Jansen lewat keterangan tertulis, dikutip Republika, Sabtu (14/7/2018) malam.

Koalisi dengan Demokrat tidak bicara kursi atau kekuasaan, tetapi bicara bagaimana kepentingan rakyat ke depan.

SBY telah menyampaikan lima poin kontrak politik yang menjadi dasar bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang nantinya akan diusung oleh partainya.

Baca juga: AHY Bakal Cawapres Prabowo, Gerindra: Enggak Mungkin. Ini Alasannya

“Itu saja kok syaratnya untuk didukung Partai Demokrat. Urusan menteri dan lain-lain itu, nantilah. Belum masuk agenda terkait itu,” tegasnya.

Jansen mengatakan, yang terpenting bagi capres dan cawapres yang diusung Partai Demokrat harus mengamalkan ideologi Pancasila yang berdiri di atas semua golongan.

Kedua, capres yang diusung memprioritaskan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, agar masalah tenaga kerja, daya beli rendah dan kemiskinan hari-hari ini bisa tertangani.

Ketiga, penegakan hukum harus adil dan tidak tebang pilih.

Keempat, terkait politik dan demokrasi, capres yang diusung harus sungguh menaati konstitusi UU dan sistem ketatanegaraan yang berlaku.

“Dan yang terakhir,  pak SBY menekankan sosok capres itu wajib menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” tambah Jansen.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman, mengungkapkan koalisi antara partainya, Gerindra dan PAN menawarkan posisi menteri kepada Partai Demokrat.

Hal tersebut sempat dibicarakan dalam pertemuan ketiga perwakilan partai politik (parpol) di kediaman Prabowo, pada Sabtu siang. Loading…
suratkabar.id

Loading...
Loading...