Home Politik Kader PAN Merapat ke Jokowi-Ma'ruf, Reaksi Zulkifli Hasan Tak Terduga

Kader PAN Merapat ke Jokowi-Ma'ruf, Reaksi Zulkifli Hasan Tak Terduga

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) telah mendeklarasikan dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAN Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mendeklarasikan dukungan kepada capre-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin.

Mengenai deklarasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan enggan berkomentar. Ia tak mau menanggapi dukungan kadernya terhadap Jokowi-Ma’ruf.

“(Tanya) yang lain aja,” tutur Zulkifli saat ditemui setelah menghadiri acara KPK di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Baca juga: Bongkar Sandiwara Jokowi, Presiden Sinode Gereja-Gereja Baptis Papua: Kami Tidak Butuh Uang

Sebelumnya, DPD PAN Kabupaten Tanah Bumbu mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf dalam sebuah acara di Batulicin, Tanah Bumbu, Minggu (2/12/2018) kemarin.

Ketua DPD PAN Tanah Bumbu, Sudian Noor membacakan deklarasi didampingi oleh Sekretarisnya Murhansa, Wakil Bendahara Erni, Majelis Pertimbangan Darwis, dan Wakil Ketua DPD PAN Tanah Bumbu Akhmadi.

Setelah membacakan deklarasi, Sudian menyerahkan nota deklarasi kepada Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Tanah Bumbu, Saipul Rahman. Deklarasi dukungan tersebut juga disaksikan langsung oleh Ketua TKD Provinsi Kalimantan Selatan, Ghimoyo.

Dalam kesempatan tersebut, Sudian juga menyatakan dirinya siap mempertanggungjawabkan dukungannya kepada pengurus partai pusat. “Saya siap menerima sanksi apapun dari DPP PAN,” tutur Sudian dalam keterangan tertulis, Senin (3/12/2018), dikutip dari tempo.co.

Menurutnya, dukungan tersebut dilandasi alasan kiat, salah satunya adalah arus besar masyarakat yang merasakan pembangunan selama pemerintahan Jokowi. “Dan itu sudah terbukti dengan program 1 desa 1 Miliar. Nah itu sangat dirasakan oleh masyarakat.” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais menegaskan bahwa partai akan mengklarifikasi sikap DPD Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan terkait dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

Menurut Hanafi, jika dukungan tersebut benar adanya, maka parati akan menjatuhkan sanksi.

“Itu sudah menyalahi keputusan resmi partai dalam rakernas beberapa bulan lalu, ya tentu akan ada tindakan dan sanksi secara organisasi,” tegas Hanafi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/12/2018).
suratkabar.id

Loading...
Loading...