Home Politik Jokowi Sebut Tidak Ada Lagi Kebakaran Hutan dalam 3 Tahun Terakhir, Greenpeace...

Jokowi Sebut Tidak Ada Lagi Kebakaran Hutan dalam 3 Tahun Terakhir, Greenpeace Beberkan Fakta Mencengangkan

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Calon Presiden Petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa selama tiga tahun belakangan tak terjadi kebakaran hutan. Menanggapi hal tersebut pihak Greenpeace Indonesia buka suara dengan memberikan komentar tegas.

Seperti diwartakan Tribunnews.com pada Senin (18/2/2019), Jokowi melontarkan pernyataan terkait kebakaran hutan tersebut dalam Debat Kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang digelar pada Minggu (17/2) malam kemarin.

Menjawab pernyataan Jokowi, Greenpeace Indonesia melalui akun media sosial Twitter @GreenpeaceID, mencuitkan bantahan. Greenpeace Indonesia kembali mengingatkan bahwa sejak peristiwa kebakaran hutan terbesar yang terjadi pada tahun 2015 lalu, kebakaran masih terus terjadi.

Pak @jokowi tadi mengeluarkan statement bahwa tidak terjadi kebakaran hutan selama 3 tahun terakhir. Faktanya? Sejak tragedi kebakaran hutan terbesar 2015, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi setiap tahun hingga sekarang. #DebatCapres,” kicau Greenpeace Indonesia.

Greenpeace bahkan membongkar fakta mencengangkan, di mana pada Februari ini kebakaran hutan tercatat kembali terjadi di Riau. Sebagai bukti pernyataannya, Greenpeace mencantumkan sebuah link menuju portal berita yang disebutkan lahan seluas 497,7 hektare di Riau dilahap si jago merah.

Baca Juga: Wow Ternyata Inilah Negara-Negara Perusak Hutan di Dunia Termasuk Indonesia

Bahkan bulan ini saja kebakaran hutan di Riau kembali terjadi lagi. Akibatnya? Kota-kota di Riau diselimuti kabut asap kebakaran hutan dan lahan,” cuit Greenpeace Indonesia sembari mencantumkan link ke sebuah portal berita.

Pernyataan Jokowi Menyoal Kebakaran dalam Debat Capres 2019

Calon Presiden Petahana Joko Widodo (Jokowi), seperti yang dikutip Tribunnews.com dari laman Kompas, menyebutkan salah satu prestasinya. Jokowi mengungkapkan selama 4 tahun terkahir memimpin Indonesia, ia berhasil menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

“Kita ingin kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut tak terjadi lagi, dan ini sudah kita atasi,” ujar Jokowi pada segmen pertama, ketika menyampaikan visi-misi dalam Debat Calon Presiden 2019 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam.

“Dalam tiga tahun ini, tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut,” imbuh Jokowi kemudian.

Jokowi pun lantas menyebutkan bahwa ia tak mungkin bisa mengatasi dan menekan terjadinya kebakaran hutan serta lahan gambut tanpa adanya kerja keras dari seluruh pihak. Ia lalu menjanjikan, jika terpilih lagi akan mengambil fokus pada pengurangan sampah plastik di sungai maupun laut.

“Saya kira itu dedikasi yang kita berikan pada bangsa ini untuk Indonesia maju,” pungkas Jokowi di akhir penyampaian visi-misinya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.idJika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?

Klik ‘Vote!’ untuk melihat hasil polling sementara.


suratkabar.id

Loading...
Loading...