Home Politik Ini Dia 7 Artis yang Gagal Nyaleg, Ada yang Sampai Stres!

Ini Dia 7 Artis yang Gagal Nyaleg, Ada yang Sampai Stres!

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi, ada banyak artis dan selebritis tanah air yang memilih beralih terjun ke dunia politik. Peralihan ini tentu tak bisa dibilang mudah mengingat dunia hiburan (entertainment) dan politik merupakan dua ranah yang jelas berbeda. Sehingga dibutuhkan kecakapan dan skill yang tak sama agar bisa sukses di kancah perpolitikan. Sama halnya seperti deretan artis berikut yang memutuskan untuk turut serta memenuhi panggung Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Melansir Palembang.TribunNews.com, Rabu (17/04/2019), sayangnya dari beberapa artis yang banting setir tersebut, ada pula di antaranya yang tak berhasil. Memang ternyata, tren artis menjadi caleg ini sudah ada pada periode sebelumnya. Sayang, beberapa artis kemudian gagal akibat kekurangan surat suara.

Karena harus menerima kegagalan, beberapa dari mereka tak ayal menjadi stres! Sementara yang lainnya menjadi kapok mencalonkan diri, ada juga yang sampai kepalang masuk penjara. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Tommy Kurniawan

Aktor Tommy Kurniawan pernah gagal menjadi anggota legislatif tahun 2014. Ketika itu ia mendaftar untuk dapil Banten III yang mencakup Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Namun Tommy enggan kapok dan kembali maju untuk Dapil Jawa Barat 5. Untuk melangkah ke Senayan, pemain sinetron ini pun memilih bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Anissa Pohan Marah, Merasa Diperlakukan Seperti Imigran Gelap oleh Petugas Imigrasi Singapura

View this post on Instagram

Jangan lupa 17 April pergi ke TPS yaa.. Mohon Doa Dan Dukungannya.. 🙏🙏..salam OPTIMIS.. Pemilu Damai .. #kabupatenbogor

A post shared by Tomkur Official (@tommykurniawann) on

Mengutip Tribun Seleb, Tommy mendaftar untuk dapil Jawa Barat 5, Kabupaten Bogor. Tommy memilih PKB karena menurutnya partai yang pernah dipimpin Gus Dur tersebut keren.

“Santai, enggak kaku, terus juga ala santrinya yang buat saya terpikat dengan PKB,” bebernya Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (17/07/2018) lalu.

Tommy juga mengaku dirinya pernah ditawari oleh partai-partai lain, namun ia tetap memilih PKB.

“Menurut saya enggak ada partai yang sekeren dan sesantai PKB,” imbuhnya.

Selain itu Tommy menambahkan, tak ada mahar politik yang diberikan PKB. Demikian juga sebaliknya.

“Enggaklah. Saya sudah lima tahun jadi kader PKB sejak 2014,” tandasnya.

2. Angel Lelga

View this post on Instagram

Assalamualaikum…✔️ manusia harus selalu belajar dr segala kegagalan dan pengalaman hidup agar kedepannya lbh berhati2 dan selalu waspada🧡 #good#Morning💎#yg#tampak#baik#blm#tentu#baik#tapi#sebaliknya🤲🏻

A post shared by AngeLLelga (@angellelga) on

Pada tahun 2019, Angel Lelga maju sebagai caleg melalui partai Perindo. Menukil akun Instagram @angellelga, ia maju sebagai calon anggota DPR RI. Ia mendapatkan nomor urut 3 daerah pemilihan Jabar 7 yang meliputi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu, pada tahun 2014, Angel Lelga pernah maju sebagai caleg dari partai PPP. Sayangnya, Angel Lelga harus menyimpan keinginannya melangkah ke Senayan.

Melansir Tribun Seleb, langkahnya menuju kursi DPR RI harus terhenti. Meski gagal jadi wakil rakyat, nama Angel Lelga cukup gemilang di persaingan caleg satu partai. Dari 8 caleg PPP, mantan istri Rhoma Irama itu memperoleh suara yang cukup banyak daripada caleg PPP lainnya.

3. Jane Shalimar

View this post on Instagram

Preparation for tonight's event…. #partaidemokrat #kogasmapartaidemokrat #jakarta #dengarkansuararakyat #onduty

A post shared by Jane Shalimar S14P (@janeshalimar_1) on

Pada Pemilu Legislatif 2014, Jane Shalimar maju sebagai calon legislatif di dapil DKI Jakarta III dari Partai Nasdem. Mengutip Warta Kota, Jane ialah salah satu caleg yang gagal mendapat kursi di dapil DKI Jakarta III yang meliputi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Kendati gagal, hal ini tak membuat Jane Shalimar kapok terjun ke panggung politik. Pada pemilu 2019, Jane Shalimar kembali menyalonkan diri sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Ia lantas memilih bergabung dengan Partai Demokrat.

4. Ifan Seventeen

View this post on Instagram

Sikap Tabik (permisi) adalah bagian dari adat kesopan-santunan budaya melayu yang diperuntukkan untuk orang yang lebih muda dalam menghormati orang yang lebih tua atau dituakan. • Salah satu sikap ini ditunjukkan salah satunya dengan cara tangan yang ditegakkan kebawah sambil membungkukkan badan, atau tangan yang memegang peci nya apabila berjalan didepan orang yang lebih tua • Sikap tabik ini sendiri saya pakai sebagai sikap foto dalam foto pencalegan saya sebagi bukti kesopanan seorang pemuda melayu yang ingin berjuang tapi tetap harus menghormati para tokoh agama, tokoh adat ataupun orang2 yang dituakan • Sungguh menggelitik hati pada saat beberapa orang datang kepada saya dengan niat dari rumah membawa peci untuk berfoto sambil menirukan sikap “tabik” tersebut • Silahkan teman2 tiru sikap “tabik” ini, dan posting disocmed kalian, dan tag akun saya @riefianfajarsyahofficial • Beberapa yang beruntung akan saya follow, saya posting di akun @riefianfajarsyahofficial dan bahkan akan mendapatkan t-shirt dari saya. Jangan lupa setiap komen disertai hashtag #tabikchallenge dan #sayepilihriefianfajarsyah Selamat mencobe budak2 🙏🏻😄

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

Vokalis band Seventeen ini juga maju sebagai caleg 2019. Ifan diketahui maju dari Partai Kebangkitan bangsa (PKB).

Sebelumnya, Ifan Seventeen pernah mencoba peruntungannya sebagai caleg pada tahun 2014. Saat itu, ia diusung partai Gerindra di dapil Yogyakarta. Kini, Pemilik nama Riefian Fajarsyah ini siap bersaing kembali di Pileg 2019.

5. Charles Bonar Sirait

View this post on Instagram

Bro and Sis, Pemilu 2019 ini merupakan peristiwa politik penting bagi Indonesia. Pemilu 2019 akan diikuti oleh segmen besar pemilih dari kalangan generasi milenial. Berbagai kalangan mempunyai pandangan, suara milenial bisa sangat menentukan hasil Pemilu 2019 mendatang. Seperti apa sih Mantul, Seru dan Pecah-nya DEBAT CAPRES 2019? Pantengin @officialtrans7 @news_trans7 bareng gue, CBS @charlesbonarsirait untuk mendapatkan referensi akurat tentang Capres pilihanmu. SABTU, 30 MARET 2019.Jam 19:30 WIB LIVE di TRANS 7 SALAM MANTUL 👍👍👍👍 #trans7 #charlesbonarsirait #publicspeaking #debate #debat #capres #debatcapres2019 #cawapres #pemilu2019 #survei #elektabilitas #politik #milenial #jokowi #prabowo #maarufamin #sandiagauno #swingvoters #undecidedvoters #mantul #indonesia #politikindonesia

A post shared by Charles Bonar Sirait (@charlesbonarsirait) on

Pada pencalonan perdananya sebagai caleg, Presenter Charles Bonar Sirait juga pernah gagal. Ayah dari 2 orang anak itu menuturkan tidak kecewa dengan hasil yang diperoleh. Karena dengan perolehan suara itu malah mampu membawanya ke peringkat 2 suara Golkar.

Kekalahan pada pemilihan calon legislatif pada pemilu kali ini juga tidak membuat Charles kapok terjun di dunia politik. Diketahui, caleg Partai Golkar itu gagal melenggang ke Senayan pada pemilihan 2014 lalu, meskipun sudah mendapatkan 10.000 suara dalam dapilnya.

6. Camel Petir

View this post on Instagram

Dibilik suara pd tgl 17 april 2019 Jangan lupa no 7 .CAMELLIA PANDUWINATA LUBIS dari PARTAI GOLKAR Untuk Sumut 1 yg Sejahtera dan MAJU Sama2 kita bangun kota Medan ,Deli Serdang ,Serdang Bedagai ,Tebing tinggi Kita galang persatuan ,Persaudaraan dan Solidaritas tinggi dan saling Menghargai Suport Pileg,pilPres,yg adil jujur dan Transparansi Say NO TO MONEY POLITIK jadilah pemilih cerdas agar kita mendapat Pemimpin yg lahir dari Rakyat dan Mampu Merasakan Penderitaan Rakyat dan Mampu Menyerap Aspirasi Rakyat Selamat Berpesta Demokrasi yg Santun Camellia Panduwinata Lubis #CalegDPRRINo7 #Sumut1lebihbaik #7sejahterauntumaju #camelliano7 #ketuacakra19sumut1 #cakra19 #01jokowilagi #01indonesiamaju #calegmudazamannow #calegartis #camelliaindonesia #camelliapilihanku #selaludihati #medan_id #medantalk #tebingtinggi #sumut #sumatrautaraku #dprri #pemimpinmuda

A post shared by CAMELLIA LUBIS/ camel petir (@camellia_panduwinata_lubis) on

Artis Camellia Panduwinata Lubis alias Camel Petir mengaku sempat stres dan menangis sewaktu melihat hasil perolehan suara Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang hanya 1% menurut hasil quick count atau hitung cepat pada Pemilu 2014 lalu.

Namun Camel tetap berusaha berfikir positif dan tidak patah semangat. Kendati Camel sudah menghabiskan dana kampanye sampai Rp 1 miliar, ia tak akan kapok kembali berpolitik. Kini ia diketahui kembali mendaftar caleg Dapil Sumut I kota Medan, Tebing Tinggi.

7. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani sebagai Calon Legislatif Partai Gerindra juga gagal melenggang ke Pemilhan Legislatif 2019. Pentolan band Dewa 19 ini masuk dalam DCT di pemilihan anggota DPR RI Dapil 1 Jawa Timur yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo dari partai Gerindra.

Sayangnya, suami dari Mulan Jameela ini malah harus berurusan dengan kasus hukum yang menimpanya akibat ujaran kebencian. Tak pelak, ia pun dijatuhi hukuman penjara.
suratkabar.id

Loading...
Loading...