Home Politik Ical Sebut SBY Terkena Infeksi Ginjal, Seperti Inilah Gejala yang Perlu Diwaspadai

Ical Sebut SBY Terkena Infeksi Ginjal, Seperti Inilah Gejala yang Perlu Diwaspadai

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sejak Selasa (17/7) lalu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, terkena infeksi ginjal.

Aburizal Bakrie atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Ical, seperti yang dilansir dari laman CNNIndonesia.com, pada Kamis (19/7/2018), mengungkapkan penyebab SBY bisa menderita infeksi pada ginjal, diduga lantaran terlalu lelah bekerja.

“Sakit di ginjal katanya. Infeksi di ginjal. Karena kecapekan barang kali,” tutur Ical yang ditemui usai membesuk SBY yang masih menjalani perawatan di RSPAD, pada Kamis (19/7), seperti yang dikutip CNNIndonesia.com dari laman Antara.

Tidak dipungkiri, penyakit ginjal menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengerikan. Setiap tahun, jumlah penderitanya bahkan diperkirakan selalu meningkat. Penyakit ini dikenal sangat tidak pandang bulu dan dapat menyerang siapa saja dalam berbagai rentang usia.

Lantas seperti apakah gejala yang ditimbulkan dari infeksi ginjal dan perlu diwaspadai? Dihimpun CNNIndonesia.com dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 ciri utama bahwa seseorang mengalami infeksi pada ginjalnya. Apa saja?

Baca Juga: Cermati! 10 Kebiasaan Ini Bikin Ginjal Rusak, Nomor 2 dan 3 Banyak yang Sering Melakukannya

Urine Berdarah dan Bernanah

Infeksi ginjal bisa menyebabkan luka pada dinding ginjal lantaran bakteri ataupun penyebab yang lainnya. Dan jika luka pada dinding ginjal bercampur dengan urine di dalam ginjal, maka hal tersebutlah yang menyebabkan urine penderita berdarah.

Bukan hanya kencing berdarah saja, luka pada dinding ginjal juga bisa menghasilkan nanah. Dan sama seperti darah yang bisa bercampur dengan air kencing, demikian juga nanah akan ikut terbawa setelah bercampur dengan urine.

Timbul Rasa Sakit di Samping Perut Dekat Area Ginjal

Infeksi pada ginjal juga bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit atau nyeri pada perut bagian samping. Dan jika dibiarkan, rasa sakit tersebut akan berkelanjutan dan berimbas pada penderita lantaran akan terganggu saat menjalani aktivitas.

Sering Buang Air Kecil

Penyakit ini juga dapat menyebabkan penderitanya lebih sering buang air kecil. Tanda lain yang perlu diwaspadai adalah terjadinya perubahan warna dan aroma pada air kencung. Hal tersebut disebabkan karena ginjal tak lagi mampu menyaring racun dan kotoran.

Demam Tinggi Hingga Menggigil

Ciri yang satu ini sayangnya seringkali dianggap penyakit biasa yang tidak berbahaya. Padahal jika demam sudah sampai menyebabkan penderita menggigil, hal tersebut bisa menjadi tanda seseorang mengalami penyakit ini.

Mual, muntah, hingga tubuh terasa lelah sampai berlebihan, juga merupakan tanda yang ditimbulkan dari infeksi ginjal yang perlu Anda waspadai.
suratkabar.id

Loading...
Loading...