Home Politik Disebut Jadi Cawapres Jokowi di 2019, Inilah Sepak Terjang Ma’ruf Amin di...

Disebut Jadi Cawapres Jokowi di 2019, Inilah Sepak Terjang Ma’ruf Amin di Dunia Politik

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin disebut terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal tersebut, diwartakan Kompas.com pada Kamis (9/8/2018), dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani ketika dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (9/8).

“Ya,” jawab Arsul tegas.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengungkapkan bahwa Ma’ruf Amin sudah ditetapkan sebagai calon pendamping Jokowi untuk bertarung dalam pilpres mendatang.

Rapat antara pak @jokowi dan ketum2 , sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Ma’ruf amin sebaga calon wapres pak jokowi,” demikian tulis Karding melalui akun Twitter resmi miliknya, @Kadir_Karding, Kamis (9/8) sore.

Baca Juga: Penuh Keyakinan Gandeng Tangan Kiai Ma’ruf Amin, Jokowi Beri Sinyal?

Tak hanya Sekjen PPP dan Sekjen PKB, bahkan sekretaris jenderal partai politik pendukung Jokowi lainnya juga turut membenarkan keputusan Ma’ruf Amin sebagai cawapres bagi Jokowi. “Benar, Ma’ruf,” ujar ia yang menolak disebutkan namanya.

Selain merupakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin juga memegang posisi penting di Nahdlatul Ulama (NU), organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Tanah Air. Tak heran ia dipandang sebagai tokoh ulama yang cukup disegani di Indonesia.

Ilmu agama yang didapatkannya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, mengantarkannya ke dunia dakwah. Ia memulai karirnya sebagai anggota Koordinasi Dakwah Indonesia (KODI) DKI Jakarta.

Rekam jejaknya di dunia politik pun tidak bisa dibilang main-main. Ia mengawali karir politiknya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PPP. Kemudian bersama PKB, pria kelahiran Tangerang, Banten, 11 Maret 1943 ini menjadi anggota DPR dan MPR.

Pria lulusan Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, Jawa Barat, juga pernah mendapat kepercayaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) selama periode 2007-2009 dan 2010-2014 silam.

Sejumlah anugerah yang diterimanya membuktikan Ma’ruf Amin adalah sosok yang memiliki intelektualitas tinggi di berbagai bidang keagamaan. Misalnya anugerah Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) untuk bidang Hukum Ekonomi Syariah dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ketika MUI mengeluarkan fatwa terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), nama Ma’ruf Amin semakin menonjol. Fatwa tersebut menyulut pecahnya Demo 4 November 2016, di mana ribuan umat Islam dari berbagai ormas dan daerah mendesak ke Istana Presiden atas nama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI.
suratkabar.id

Loading...
Loading...