Home Politik Cak Imin Nyatakan Dukung Jokowi, Pintu Poros Ketiga Tertutup

Cak Imin Nyatakan Dukung Jokowi, Pintu Poros Ketiga Tertutup

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA Pernyataan terbuka dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengenai dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 membuat tertutupnya kemungkinan adanya poros ketiga.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai jika pertanyaan Cak Imin dihadapan Jokowi adalah sebiah keputusan besar. Pasalnya, keputusan PKB tersebut memperkuat koalisi pendukung Jokowi.

“Saya lihat dengan dukungan terbuka dari PKB semakin meningkatkan kepercayaan diri parpol koalisi pendukung Jokowi karena sekarang jumlah kursi parpol pendukung meningkat menjadi sekitar 65 persen,” ujar Qodari, Minggu (15/7/2018), dikutip dari sindonews.com.

Lebih lanjut, Qodari menganggap keputusan PKB itu juga mematahkan spekulasi yang belakangan berkembang bahwa akan ada partai yang bakal hengkang dari kolasi. Salah satu partai yang disebut-sebut akan keluar adalah Golkar. “Kalau PKB yang selama ini masih di luar koalisi saja akhirnya masuk maka dimungkinkan parpol yang diisukan akan keluar seperti Golkar, semakin kecil potensinya keluar koalisi,” urainya.

Baca Juga: Dikabarkan Bakal Bebas, Pemuda Muhammadiyah Sebut Rezim Ini Terlalu Istimewakan Ahok

Hal penting lainya dari bergabungnya PKB ke koalisi Jokowi adalah gugurnya kemungkinan adanya poros ketiga di Pilpres 2019. “Selama ini PKB menjadi variabel kunci kalau saja ada poros ketiga bersama Demokrat dan PAN,” katanya.

Qodari menjelaskan bahwa pernyataan Jokowi tentang nama Cak Imin yang masuk dalam daftar kandidat cawapres yang bakal mendampinginya membuat PKB nyaman berada dalam koalisi. Walaupun Cak Imin sebenarnya memahami jika pernyataan Jokowi tersebut bukan sebuah jaminan bahwa dirinya yang bakal dipilih.

“Itu memberikan rasa nyaman buat Muhaimin, walaupun nanti keputusan (cawapres) tidak ke dia, tapi menyesuaikan kebutuhan,” urainya.

Walaupun pernyataan dukungan PKB tidak disampaikan dalam sebuah forum resmi kepartaian, namun Qodari memprediksi jika Cak Imin tak akan mencabut dukungan tersebut. “Agak sulit Cak Imin mencabut dukungannya. Apa kata dunia kalau sampai dicabut lagi? Apa kata Bu Mega? Tapi menjadi pertanyaaan kenapa dukungan tersebut tidak disampaikan di forum resmi kepartaian sehingga kesannya tidak serius,” urainya.

Baca Juga: Belum Putuskan Dukung Prabowo, PAN: Kita Mau Mendukung Capres yang Akan Menang

Sebelumnya, Cak Imin menyatakan dukungan resmi PKB kepada Jokowi sebagai capres pada Pilpres 2019. Ini merupakan jawaban atas kepastian sikap PKB dalam Pilpres 2019. “Hari ini, di depan teman-teman, di depan Pak Jokowi, ada sekjen kebetulan, saya nyatakan bismillahirrohmanirrohim, PKB mendukung pencalonan Pak Jokowi 2019,” ujar Cak Imin di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/7/2018).
suratkabar.id

Loading...
Loading...