Home Politik Angka Kemenangan Merosot dari 62 ke 54 Persen, Begini Penjelasan BPN

Angka Kemenangan Merosot dari 62 ke 54 Persen, Begini Penjelasan BPN

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali merilis hasil penghitungan internalnya. Yang paling anyar, pasangan calon nomor urut 02 mengantongi 54 persen suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Padahal sebelumnya mereka sempat menyatakan kemenangan dengan perolehan 62 persen.

Anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, seperti yang diwartakan Jawapos.com pada Rabu (15/5/2019), mengungkapkan bahwa adanya perbedaan angka tersebut disebabkan karena proses penghitungan suara yang masih terus berjalan.

“Pada saat itu kan masih proses. Jadi kemudian apa yang terdata lalu diverifikasi, dan hasilnya ya 54 persen itu,” jelas Fadli yang ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (15/5).

Ditemui secara terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting Manik mengaku sangat siap untuk membuka data-data yang dimiliki pihaknya terkait dengan hasil penghitungan internal yang dilakukan kubu 02.

Ia menilai, adu data ini sangat mungkin untuk dilakukan saat rapat rekapitulasi yang sekarang ini tengah berlangsung di KPU.

Baca Juga: Jamin Prabowo Tak Akan Ajukan Gugatan ke MK, Fadli Zon: Sia-Sia

“Silakan, kita siap dengan data. Kami semua punya infrastruktur, kami sampai ke bawah. C1, DA1, kemudian kami punya DD1. Silakan kami bisa tunjukkan dalam rekapitulasi,” jelas Evi.

Evi juga mengungkapkan bahw adu data ini perlu dilakukan demi mencari kecocokan antara data hasil penghitungan internal BPN. Dengan begitu jika memang benar terjadi kesalahan, maka dapat secara langsung diperbaiki.

“Ini kan kita bisa saling membandingkan data Bawaslu dan KPU provinsi. Jadi enggak harus dikhawatirkan dalam forumnya,” pungkas Evi tegas.

Seperti yang diketahui, BPN Praboeo-Sandiaga sebelumnya mengumumkan hasil penghitungan suara yang dilakukan internalnya dalam Pilpres 2019. Tim Pakar BPN Laode Kamaludin mengungkapkan, menurut hitungan saat ini, 02 unggul dari pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Jokowi-Ma’ruf memperoleh 44,14 persen atau 39.599.832 suara. Prabowo-Sandi 54,24 persen,” ujar Laode yang ditemui di Hotel Sahid, Jakarta, pada Selasa (14/5) kemarin.

Laode menjelaskan angka tersebut diambil dari 444.976 dari total 810.329 TPS atau sekitar 54,91 persen. Dengan hasil itu, ia mengaku sangat yakin pasangan Prabowo-Sandiaga jauh lebih unggul ketimbang Jokowi-Ma’ruf.

“Angka ini sudah melebih dari keperluan ahli statistik. Angka sudah valid dan bisa dipertanggungjawabkan secara akademik,” ujarnya.

Ia juga mempersilakan jika ada pihak yang ingin melakukan adu data berkaitan dengan kemenangan Prabowo-Sandiaga ini. Pasalnya, ia menegaskan bahwa data tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
suratkabar.id

Loading...
Loading...